"Loading..."

KAHMIPRENEUR INSPIRASI

Agar Passionmu di Dunia Usaha Tak Terbuang Sia-sia, Adopsi 6 Kebiasaan Entrepreneur Muda Sejati Ini

Di zaman sekarang ini, kesuksesan bisa diraih lewat berbagai macam cara. Salah satunya adalah dengan berbisnis. Bila kamu anak muda yang memiliki insting dan semangat yang kuat di bidang tersebut, menjadi seorang entrepreneur adalah pilihan yang layak untuk dipertimbangkan.

Selain kemampuan membaca peluang dan kemauan bekerja keras, kamu juga harus membiasakan diri dengan kebiasaan-kebiasaan yang ternyata sangat baik untuk dipelihara oleh mereka yang memang menginginkan menjadi wiraswastawan. Kira-kira apa saja kebiasaan yang bisa kamu kembangkan?

1. Masih sering malas melipat selimut untuk memulai hari? Manusia-manusia paling sibuk di dunia saja selalu bangun pagi-pagi

Bangun di pagi hari secara teratur tidak hanya wajib dilakukan oleh anak kuliah dan karyawan saja. Mereka yang memiliki bisnis paling sukses di dunia pun ternyata memiliki ‘kewajiban’ serupa. Salah satu pebisnis sukses yang tetap setia pada kebiasaan ini adalah Howard Schultz, CEO Starbucks. Tak main-main, ia bangun pada pukul 4:30 pagi setiap harinya. Padahal beliau nggak sholat subuh, lho.

Para pebisnis sukses percaya bahwa bangun di pagi hari memberi energi tersendiri untuk mereka menjalani hari baru. Membaca koran, meneguk secangkir kopi, atau berolahraga adalah rangkaian kegiatan pagi yang biasa dilakukan setelah waktu bangun pagi mereka tiba. Bagi mereka waktu di pagi hari adalah saat paling tepat untuk merefleksikan capaian hidup yang telah dilakukan.


2. Kecerdasan membuat seseorang lebih mudah dipercaya. Kembangkan usahamu ke depannya dengan lebih banyak membaca

Salah satu cara yang banyak dilakukan oleh orang sukses di seluruh dunia adalah menyempatkan diri membaca berbagai bacaan meski harus sibuk melakukan berbagai kegiatan. Membaca sampai saat ini dipercaya sebagai salah satu jurus terjitu untuk memasok otak dengan berbagai informasi yang berguna untuk mengembangkan pengetahuan, termasuk juga di dunia bisnis.

Dengan membaca, kamu akan mendapat berbagai insight yang bisa berguna untuk pengembangan bisnis ke depannya. Membaca buku mengenai pemasaran produk melalui media sosial, misalnya, akan membuatmu mendapat berbagai macam ilmu tentang bagaimana memanfaatkan Twitter dan Facebook untuk memasarkan barang daganganmu.


3. Mungkin orang akan segan karena posisimu yang tinggi. Namun, jangan ragu membangun obrolan dengan orang di kanan-kiri

Jangan pernah takut untuk memulai obrolan dengan orang-orang yang mungkin baru kamu kenal. Ingat, inspirasi tidak hanya bisa didapatkan dari lembaran buku saja tapi juga dari orang-orang yang ada di sekitarmu. Misalnya saja nih kamu meminta komentar dari orang lain tentang produkmu. Dari komentar tersebutlah kamu bisa mengenali apa saja kekurangan dan kelebihan dari produk tersebut.

Pada tahap selanjutnya, perbaikan-perbaikan dapat dilakukan dari sana. Tidak hanya mengenai produk saja, insight mengenai cara pemasaran yang menyenangkan juga bisa kamu dapatkan dari obrolan dengan beberapa orang yang kamu kenal. Dengan begitu kamu jadi tahu seperti apa sih cara pemasaran yang disukai dan tidak disukai oleh para calon pelanggan nantinya.


4. Selalu semangati dirimu untuk mempelajari berbagai hal baru setiap hari. Semua ilmu pasti akan bermanfaat tepat pada waktunya nanti

 

“Learn something new every day.“

 

Dengan gemar menggali berbagai ilmu, kamu bisa semakin kreatif mengembangkan arah bisnismu. Kamu yang seorang sarjana Manajemen tidak ada salahnya mempelajari seluk beluk coding. Siapa tahu ‘kan bisnismu nantinya semakin besar dan membutuhkan website sebagai salah satu alat pemasaran?

Dengan mengetahui teknik-teknik dasar membuat website kamu bisa merancang sendiri seperti apa website produkmu nantinya. Enaknya lagi untuk kamu pengusaha muda yang masih terbatas modalnya,mengetahui hal baru membuatmu bisa menghemat pengeluaran karena tidak perlu repot membayar orang untuk mengerjakan hal yang tidak bisa kamu lakukan.


5. Rasa penasaran adalah kebiasaan yang tidak boleh dipadamkan: dengan cara ini kamu akan dirangsang untuk berbuat sesuatu yang lebih baik lagi

Kalau kamu adalah orang yang memiliki tingkat penasaran tinggi, bisa jadi dunia bisnis adalah bidang yang cocok untuk kamu tekuni. Alasannya, kebiasaan ini akan membawamu pada sikap tidak cepat puas dengan capaian yang telah kamu buat selama ini. Kamu yang sedang berdagang pakaian online dan bisa menjual 20 baju di bulan ini misalnya, selalu penasaran dengan pertanyaan-pertanyaan:

“Kira-kira di bulan depan apalagi yang bisa penjualanku meningkat?”

“Kalau misalnya aku bayar paid promote di artis AA kira-kira bisa laku besar gak ya?”

Rasa penasaran terhadap berbagai hal adalah modal yang pada dasarnya menggenjotmu untuk melakukan terobosan. Kebiasaan ini selalu merangsangmu untuk mencoba berbagai hal yang sekiranya bisa mengantarkanmu pada keberhasilan yang lebih besar.


6. Kebiasaan merancang target dalam hidup akan merangsangmu untuk selalu melakukan terobosan. Kamu tak akan terjebak saat bisnismu harus “masuk lubang”

Memiliki target yang dibuat sendiri adalah salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan oleh orang-orang sukses dalam hidupnya. Dengan target, mereka jadi tahu apa saja capaian-capaian yang harus di buat ke depan. Begitu pula jika kamu ingin berhasil dalam dunia bisnis, mengeset target adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan.

Target akan merangsangmu untuk melakukan berbagai usaha agar target yang telah kamu buat tersebut bisa tercapai. Memiliki target juga membuatmu mengetahui langkah-langkah apa saja yang selanjutnya harus dilakukan agar hidupmu terus berkembang dari waktu ke waktu.

Jika kamu memang berniat mendedikasukan diri dalam bidang bisnis, jangan pernah ragu untuk mulai membiasakan diri melakukan poin-poin di atas ya.

Sumber : Hipwee

s