"Loading..."

KAHMIPRENEUR NEWS

Indonesia Young Entrepreneur Summit Targetkan Cetak Ribuan Pengusaha Muda

Jakarta, Gatra.com – Komite Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Entrepreneur atau yang disingkat KAHMIPreneur siap selenggarakan "Indonesia Young Entrepreneur Summit" (IYES). Helatan perdana ini diadakan pada Minggu, 28 Oktober mendatang dalam rangka memperingati 90 tahun hari Sumpah Pemuda.

“Kami ingin mengobarkan semangat para pemuda-pemudi Indonesia dalam momentum mencetak entrepreneur yang handal,” sebut Founder KAHMIPreneur, Kamrussamad dalam konferensi pers di Prosperity Tower, SCBD, Jakarta Pusat, Rabu (24/10).

Ia lantas mengingatkan bahwa pada 2030 akan ada bonus demografi, dimana angkatan kerja produktif akan menjadi kelompok usia mayoritas di Indonesia. Angkatan kerja produktif ini, sebut Kamrussamad, hanya bisa diserap oleh sektor bisnis. Kalau hanya mengandalkan lapangan kerja yang disiapkan pemerintah, tentu tak akan tertampung.

Sejauh ini, sudah ada 1400 lebih peserta yang mendaftar dan siap hadir dalam summit yang akan diadakan di Ciputra World, Kuningan, Jakarta tersebut. Sebagian besar pendaftar adalah mahasiwa, yakni sebanyak 60%. Lalu sekitar 25% peserta adalah para pengusaha yang memang sudah stabil. Mereka adalah profesional di beragam bidang, mulai dari sektor IT, infrastruktur, konstruksi, agrobisnis, juga trading termasuk impor-ekspor. Sisanya, sebanyak 100 seat, panitia menyiapkan kursi bagi para pengusaha senior.

“Supaya ada kolaborasi,” tegas Kamrussamad. “Para peserta datang dari seluruh Indonesia. Kita berharap di sini akan terjalin networking,” tambahnya.


IYES 2018 ini menghadirkan sejumlah eksibisi termasuk pula banyak sesi dengan beragam pembicara. Para nara sumber adalah pengusaha yang sukses membangun bisnis dari nol. Termasuk pula para creator start-up.

Sandiaga Uno akan hadir sebagai pembiara utama. Kemudian ada Diajeng Lestari (CEO Hijup), Angkie Yudistia (CEO Thisable Enterprise), Gamal Albinsaid (CEO Indonesia Medical), Hendra Noviyanto (Co-Founder Warunk Upnormal), dan Muhamad Fajrin Rasyid (Co-Founder & President Bukalapak.com).

“Kami senang bahwa di luar sana ada forum-forum yang peduli pada UKM. Kami ketika start bisnis dari awal, tidak ada yang bantu. Forum pun belum banyak. Bagi UKM, ini peluang. Komunitas bisnis ini harus diikuti UKM. Ini kesempatan untuk saling kenal, networking, diskusi bisnis. Kami bangga bisa diundang,” sebut Hendra mewakili Upnormal.


gatra.com

Flora L.Y. Barus
 

s